Loading...

Ceker Ayam Manis Super Pedas ala Bunda Cantik

Bangun kesiangan jadi panic semua nih Bunda, Suami mau pergi ke kantor juga agak terlambat, semua jadi tambah rame deh. Eee.. pas belanja di tukang sayur langganan depan rumah, belanjaan udah habis tinggal sisa ceker ayam. daging ayam, ikan laut semuanya habis. Daripada belanja dipasar nanti tambah kesiangan lagi comot aja ceker ayam satu bungkus.

Ceker Ayam Manis Super Pedas

Bingung juga mau dimasak apa ceker ayam banyak gini, lihat bumbu didapur cuma ada cabe, bawang putih, bawang merah dan bumbu dapur lain. Yah sambil nyuci ceker ayam yang sudah terlanjur dibeli akhirnya kepikiran juga mau dimasak apa tuh ceker ayam. Kebetulan cuaca juga masih mendung lagi hujan lagi, enak kayaknya ceker ayamnya dibikin Ceker Ayam Manis Super Pedas ala Resep Istimewa Bunda Cantik.

Yuk langsung saja Bunda cara membuat cakar ayam manis super pedas, tetap di situs Cooking ID ya Bunda.

CAKAR AYAM SUPER PEDAS

BAHAN :

  • ½ kg cakar ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 biji cabe merah kriting
  • 15 biji cabe rawit
  • 2 sdm saos sambal
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sachet saos tiram
  • 1 buah pekak (bisa diganti kayu manis seruas jari)
  • Kecap manis secukupnya
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 gelas air kaldu

CARA BUAT
  1. Cuci cakar ayam sampe bersih rebus sebentar kira-kira 10 menit lalu buang airnya, beri air lagi dan rebus kembali selama 15 menit, angkat, tiriskan (air kaldu jangan di buang)
  2. Lalu goreng cakar sampe agak kecoklatan, angkat. Rendam di air dingin bisa ditambahkan es batu rendam selama 1 jam agar cakarnya menjadi gemuk kembali.
  3. Selama merendam yuk kita siapkan bumbu. Belah cabe rawit menjadi 2 sisihkan.
  4. Dari 4 siung bawang putih sisakan 2 untuk dicancang halus, dan 2 lagi di ulek bersama cabe merah dan bawang merah
  5. Tumis semua bumbu sampe harum kemudian masukan saos tiram, màsukan cakar ayam lalu aduk sebentar beri air kaldu sisa rebusan tadi
  6. Masukan saos tomat, saos sambal dan pekak/kayu manis, tambahkan gula, garam dan penyedap rasa lalu tuangkan kecap manis sambil diaduk-aduk’,
  7. Masak dengan api kecil kurang lebih selama 15 menit, cek rasa kalo udah pas biarkan dulu sampe bumbu bener-bener meresap dan kuah mengental, aduk-aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.
Ceker Ayam Super Pedas ini mantab juga dinikmati sebagai lauk nasi hangat dtambah lalapan daun kemangi dan timun. Tapi kalo Bunda ingin menikmati ceker ayam super pedas ini sebagai camilan sehat juga ga papa kok.

OK, silahkan kirim Resep Masakan Bunda Cantik yang spesial dan istimewa untuk dibagikan kepada teman-teman atau sahabat sesama hobi memasak lewat situs Indonesian Cooking. Semoga tulisan kecil saya ini berguna untuk pengunjung setia Cooking ID.

SELAMAT MENCOBA

Previous
Next Post »