Loading...

Resep Kakap Goreng Tepung Super Crispy

Kakap Goreng Tepung Super Crispy. Kemaren tetangga sebelah kan lagi ada hajatan lamaran, pas disitu banyak sekali hidangan yang disediakan oleh tuan rumah, ada sambal goreng hati, gudeg, udang balado, sayur sop dll. Kebetulan saya diundang untuk menyambut tamu yang datang dari luar kota bersama anak saya yang masih berumur 3 tahun. Tahu sendiri Bunda anak kecil kalo lihat banyak sekali makanan selalu rebut minta inilah, itulah. Kebetulan dia rewel minta udang balado yang keliatannya enak banget Bunda, apalagi tuh udangnya besar-besar banget sebesar jempol kaki orang dewasa Bunda. Dalam hati saya ngomong “nih anak tahu aja makanan enak”, ha..ha.. Tapi acara masih baru aja mulai tengsin dong. Baru pas acara sudah selesai, pertama kali hidangan yang saya tuju tentunya udang balado tadi. Saya lihat anak saya makannya lahap banget.

Resep Kakap Goreng Tepung Super Crispy



Nah pas tadi pagi tuh pengin buat masakan udang balado yang kemaren aku rasain pas acara hajatan tetangga. E.. pas beli udangnya ko gak ada malah dapatnya ikan kakap fillet. Sampai dirumah bingung juga mau dimasakan apa. Pas buka lemari dapur cuma ada sisa sambal tomat yang semalam, akhirnya aku putuskan untuk membuat kakap goreng tepung aja. Beberapa kali sudah mencoba resep kakap goreng tepung ini dan anak-anak kebetulan suka.

Resep Kakap Goreng Tepung Super Crispy

Bahan:
  • ¼ Kakap fillet
  • ¼ kg Tepung Terigu
  • 1 ons Tepung beras
  • Vanili
  • 500 ml Minyak Goreng
  • 200 ml Air

Bumbu Cair:
  • 4 siung Bawang putih
  • ½ sdt Ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupya

Cara Buat Bumbu Cair:
  1. Haluskan 2 siung bawang putih, ketumbar dan garam (sampai benar-benar halus). Tuangkan air sekitar setengah gelas belimbing (100 ml) kemudian tambahkan penyedap rasa.
  2. Masukkan kakap fillet ke dalam bumbu cair dan diamkan selama 15 menit di dalam kulkas.

Cara Buat Adonan Kering :
  1. Haluskan 2 siung bawang putih dan garam secukupnya. Masukkan tepung terigu dan tepung beras kemudian tambahkan penyedap rasa dan vanili. Aduk sampai benar-berar tercampur rata.

Cara Buat Kakap Goreng Tepung :
  1. Siapkan air dalam mangkok. Ambil kakap dari kulkas dan siapkan adonan kering. Masukkan kakap ke dalam adonan kering, gulingkan perlahan-lahan hingga kakap tertutup dengan adonan. Celup ke dalam air yang tadi disiapkan. Gulingkan lagi kakap ke dalam adonan kering agar adonan yang menempel lebih tebal
  2. Sambil menggulingkan kakap ke dalam adonan, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  3. Jika api sudah mulai panas, goreng kakap yang sudah dilumuri adonan tadi.
  4. Tunggu hingga kakap matang atau berubah warna menjadi agak kecoklatan.
  5. Kalo sudah matang segera angkat dan tiriskan
  6. Kakap goreng tepung sudah bisa untuk dinikmati

Kakap goreng tepung crispy ini bisa disantap sebagai lauk nasi bisa juga dinikmati langsung dengan saos. Biasanya untuk menambah nikmat disantap dengan nasi hangat ada tambahan lalapan, kerupuk dan sambal.

Selamat mencoba Bunda Cantik. Silahkan kirim Resep Bunda Cantik ke situs Cooking ID agar resep Bunda bermanfaat buat sahabat, teman, saudara yang hobi memasak. Atau Bunda bisa juga membagikan resep masakan nusantara, camilan sehat, resep kue kepada teman, sahabat dan saudara melelui media social Facebook, Twitter, Instagram, Google+.


Previous
Next Post »